HARI TB SEDUNIA

Hari ini tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari Tuberkolosis setiap tahunnya. Dengan memanfaatkan momentum ini, pemerintah bersama dengan kementerian kesehatan pada tahun ini mengkampanyekan tema “Gerakan Keluarga Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis.” Adapun pesan-pesan yang disampaikan melalui kampanye tahun ini yakni Stop TB Dimulai dari Keluarga; TB Sembuh, Keluarga Sehat; Keluargaku Peduli TB, Masyarakat Sehat; dan Gerakan TOSS TB.

Diindonesia sendiri TB masih menjadi salah satu penyebeb kematian tertinggi. Sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru. TB dapat meyerang siapa saja, terutama usia produktif/masih aktif bekerja (15-50 tahun) dan anak-anak.

Gejala utama TB adalah batuk berdahak selama 2-3 minggu atau lebih. Gejala lain TB adalah dahak bercampur darah, batuk darah, sesak napas, berat badan menurun serta berkeringat malam hari tanpa kegiatan fisik. Bila ada gejala tersebut segera periksakan dan berobat ke puskesmas terdekat. Dengan pengobatan yang rutin dan disiplin TB dapat disembuhkan