Sungai di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Palas yang terkenal dengan lokasi pemandian Aek Siraisan memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Dan setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu, tempat ini ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah baik dari Palas maupun luar Palas.

Pemandian Aek Siraisan, satu objek wisata di pantai barat Kabupaten Padang Lawas. Tepatnya di Desa Siraisan Kecamatan Ulu Barumun yang bertetangga dengan Desa Pagaranbira, Huta Bargot, dan Siundol di bagian barat dan Desa Tanjung, Tandihat, Pagaranbatu di bagian timur. Dari dulu Pemandian Aek Siraisan yang sejuk nan indah ini selalu dipadati pengunjung, baik lokal maupun dari luar, terutama pada saat lebaran, selainnya pada saat pengumuman kelulusan bagi kelas III SMP juga SMA yang berdomisili di daerah Kabupaten Padang Lawas umumnya dari SIBUHUAN. 

Jika anda berkunjung ke sana anda sempatkan pula untuk menelusuri pantainya ke hulu. Keindahan Pantai di bawah jembatan belum seberapa di banding dengan keindahan pantai di hulu sungai ini, di tambah dengan taman alami berupa pohon-pohon kecil berbunga dan hijau di pinggir sungai dan sesekali anda akan menemui fauna yang jarang atau belum pernah anda lihat seperti rangkok, Sarudung/Imbo(sebutan dalam bahasa Mandailing) dan burung-burung kecil yang cantik.