Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 5 (lima) misi pembangunan Kabupaten Padang Lawas Tahun 2014-2019,sebagai berikut :

1)     Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang demokratis, bersih, akuntabel, transparan serta efektif dan efisien.
2)     Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan.
3)     Meningkatkan  kualitas kemakmuran ekonomi dan kesejahteraan sosial.
4)     Meningkatkan pengelolaan/pemanfaatan sumber daya alam untuk peningkatan taraf hidup dan kelestarian lingkungan hidup.
5)     Membangun masyarakat yang religius dan kerukunan antar maupun intra umat beragama.

Penjelasan makna atas pernyataan misi dimaksud adalah :

1.     Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang demokratis, bersih, akuntabel, transparan serta efektif dan efisien.

Yaitu Pembangunan menerapkan prinsip-prinsip tatakelola pemerintahan yang baik (good governance) secara konsisten dan berkelanjutan disemua tingkatan yang tercermin dari berkurangnya penyalah gunaan wewenang dan keuangan daerah, peningkatan kinerja birokrasi, peningkatan keberhasilan pembangunan diberbagai bidang, dan terbentuknya birokrasi pemerintahan yang proporsional, efektif, transparan serta profesional.

 

2.     Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Yaitu pembangunan yang menekankan pada kualitas sumber daya manusia (SDM) ini ditandai dengan membaiknya taraf pendidikan dan derajat kesehatan penduduk,yang didukung oleh meningkatnya ketersediaan dan kualitas pelayanan sosial dasar bagi masyarakat agar lebih produktif serta berdaya saing untuk mencapai kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera.

 

3.     Meningkatkan  kualitas kemakmuran ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Yaitu Membangun ekonomi daerah yang berbasiskan ekonomi kerakyatan dengan seluruh kekuatan sumber daya daerah, menciptakan iklim investasi yang kondusif, serta penyediaan sarana dan prasarana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari semua sektor dan meningkatkan daya saing daerah.

 

4.     Meningkatkan pengelolaan/pemanfaatan sumber daya alam untuk peningkatan taraf hidup dan kelesetarian lingkungan hidup.

Yaitu meningkatkan kuantitas, kualitas dan aksesibilitas sarana prasaran dan utilitas lainnya yang memiliki daya dukung lingkungan dan berkelanjutan terhadap pertumbuhan ekonomi dan   sosial serta berkeadilan dan mengutamakan kepentingan masyarakat umum untuk menunjang produksi, produktivitas, efisiensi dan mobilitas publik.

 

5.     Membangun masyarakat yang religius dan kerukunan antar maupun intra umat beragama.

Yaitu Pembangunan yang mengedepankan keselarasan kehidupan agama,sosial dan kearifan lokal masyarakat Padang Lawas yang berkeadilan dengan menjamin toleransi, persamaan hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat serta memahami dan mengamalkan nilai-nilai agamanya.