Visi

Visi Kabupaten Padang Lawas 2014 - 2019, yaitu :

Melanjutkan Pembangunan Mewujudkan Padang Lawas yang BERIMAN, CERDAS, SEHAT, SEJAHTERA dan BERBUDAYA Dalam Sistem Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel, Transparan dan Berkeadilan Bertumpu Ekonomi Kerakyatan Dalam Ridho Tuhan yang Maha Esa 

Penjelasan makna atas pernyataan visi yang dimaksud adalah:

BERIMAN :   
Mengandung pengertian bahwa:

1.  Terwujudnya manusia seutuhnya yang senantiasa menyandarkan segala niat, pola pikir, tindakan dan perbuatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.  Pengamalan nilai-nilai keagamaan yang tercermin dari perilaku berahlak mulia, berbudaya, produktif serta mampu bekerjasama.
3.  Terciptanya kerukunan antar umat beragama.

CERDAS :
Mengandung pengertian seluruh komponen sumber daya manusia di Kabupaten Padang Lawas baik sumber daya aparatur maupun masyarakat harus :

1.     Memiliki kualitas, kompetensi, keterampilan dan menguasai informasi.
2.     Produktif, mandiri, dinamis, kreatif dan inovatif
3.     Jujur,  beretika  dan  mempunyai  integritas  serta memiliki kepedulian sosial.

SEHAT :
Mengandung pengertian bahwa disetiap komponen kehidupan bermasyarakat baik sumber daya manusia, penyelenggaraan pemerintahan, maupun alam dan lingkungannya haruslah terawat, bersih, nyaman dan senantiasa berada dalam keadaan yang baik.

SEJAHTERA :
Mengandung pengertian bahwa  seiring dengan bertambahnya waktu maka Kabupaten Padang Lawas harus  terus  maju,  bertambah  baik dan  mengalami peningkatan disemua aspek kehidupan. Bahwa seluruh komponen sumber daya manusia harus :

1.     Terpenuhinya kebutuhan pokok (pangan, sandang dan papan, pendidikan, kesehatan) dan sekunder (keamanan, dll).
2.     Terlayaninya kebutuhan infrastruktur dan hak-hak publik (lapangan kerja).

BERBUDAYA :
Mengandung pengertian bahwa :

1.     Berkembangnya kebudayaan lokal yang mendukung tercapainya masyarakat yang beradab, memiliki martabat kemanusiaan dan harga diri, mengembangkan kesetaraan gender, serta memelihara nilai-nilai kearifan lokal.
2.     Lestarinya kesenian lokal dan peninggalan-peninggalan bersejarah.

PEMERINTAHAN YANG BERSIH, AKUNTABEL, TRANSPARAN DAN BERKEADILAN

Mengandung pengertian bahwa dalam melaksanakan pembangunan harus sesuai dengan kondisi yang ada, termasuk pemanfaatan potensi lokal dan sumber daya melalui indikator capaian kinerja yang terukur. Merupakan upaya Kabupaten Padang Lawas untuk memacu perkembangan sosial ekonomi, mengurangi kesenjangan antar wilayah. Merupakan usaha yang dilakukan oleh Kabupaten Padang Lawas membantu masyarakat dalam upaya memperoleh daya untuk mengambil keputusan, serta menentukan tindakan mengurangi efek hambatan ekonomi dan sosial serta bahwa keyakinan beragama menjadi landasan pengikat kebersamaan dalam seluruh aspek  penyelenggaraan  pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan.